Pengembangan Permainan Edukasi Simulasi Uji Praktik SIM A Menggunakan Game Design Document

ABSTRAK

Kepolisian Dae rah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) memiliki Bidang Teknologi In formasi dan Ko munikasi (BID TI) yang salah satu tugasnya adalah menyampa ikan informasi kepada masyarakat dengan mult imedia sebagai jembatannya. BID TI telah menge mbangkan beberapa produk multimed ia, salah satunya adalah video animasi simulasi ujian prakt ik untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) A. Namun, masyarakat masih kurang tertarik untuk menontonnya, padahal informasi yang disampaikan dalam video tersebut sangat penting. Salah satu kekurangan video adalah bahwa pesan hanya disampaikan secara satu arah sehingga tidak ad a interaksi pengguna. Permainan edukasi uji prakt ik SIM A d iperlu kan untuk mensosialisasikan langkah -langkah yang akan ditempuh calon pemilik SIM A secara interakt if. Permainan edukasi simulasi u ji prakt ik SIM A ini dikembangkan untuk mempersiap kan masyarakat agar lebih familier dalam mene mpuh tahapan ujian pembuatan SIM A. Permainan ini d irancang menggunakan Game Design Document (GDD) te mplate. Pe rancangan perma inan disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan, yaitu terdapat lima tahapan: (1) uji pra ktik lurus maju dan mundur, (2) u ji pra ktik zig-zag ma ju-mundur, (3) uji pra ktik parkir ma ju dan parkir mundur, (4) uji pra ktik menanja k dan turunan, serta (5) u ji prakt ik parkir para lel. Setelah dirancang, game kemud ian diimplementasikan menggunakan Adobe Illus trator CC untuk membuat gambarnya dan Unity untuk membuat permainannya dalam bentuk dua dimensi (2D). Game in i dibuat untuk dapat dimainkan dalam s martphone berbasis Android. Survey kepuasan pengguna dilakukan untuk mengetahui respons masyarakat terhadap p ermainan uji pra ktik SIM A ini, terutama pada aspek: (1) pengetahuan yang diterima pengguna, (2) desain antarmuka, (3) petunjuk perma inan,(4) kemudahan penggunaan, (5) kesesuaian rintangan, (6) tamp ilan visual, dan (7) fitur perma inan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa permainan edukasi u ji pra ktik SIM A yang dikembangkan in i te lah diterima dengan baik o leh pengguna.

Kata kunci: permainan edukasi; Game Design Document; Unity

ABSTRACT

The Division of Co mmun ication and Information Technology (BID TI) of The Yogyakarta Specia l Reg ion Police (Polda DIY) is responsible to convey information to the public using mult imedia . BID TI developed several mu ltimed ia products, one of them is a practical e xam simulat ion animation video to obtain a driving license type A (SIM A). Ho wever, this animation is not interesting enough to catch people attention, moreover to educate public about how to undergo the test. An educational game of SIM A p ractice test is needed to socialize the steps that will be taken by people who want to get their SIM A interactively. This game was designed using the Game Design Docu ment (GDD) template. The design of this game is adopted from the real conditions in the field. There are five stages: (1) straight forward and backward practice test, (2) back and forth zig-zag practice test, (3) forward and reverse parking practice test, (4) uphill and downhill practice test, and (5) paralle l parking practice test. This game was imp lemented using Adobe Illustrator CC to create the images and objects in the game and Unity to develop this game in two -dimensional (2D) form. User satisfaction surveys were conducted to determine the public response to this game, especially on: (1) knowledge received by users, (2) interface design, (3) game instruction, (4) eas e of use, (5) the obstacles, (6) visual appearance, and (7) game features. The result of this test shows that this educational game of driv ing license practice test is well received

by users.

Ke ywords: educational game, Game Design Document, Unity

Download Full PDF



LEAVE A COMMENT