Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Bagian Pendaftaran Rawat Jalan dengan Metode HOT-FIT

Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Bagian Pendaftaran Rawat Jalan dengan Metode HOT-FIT

ABSTRAK

Evaluasi perlu d ilakukan terhadap sistem yang telah berjalan untuk mengetahui aspek positif yang mendorong

penggunaan sistem dan mengidentifikasi faktor yang menimbulkan hambatan. Evaluasi mencakup berbagai

aspek dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di ru mah sakit. Beberapa penelitian menunjukkan

bahwa trend evaluasi sistem informasi kesehatan tidak hanya melihat aspek teknologi melainkan juga

mempe rtimbangkan aspek manusia dan organisasi. Tujuan penelitian ini yaitu mengevaluasi sistem informasi

mana jemen pada pendaftaran pasien rawat jalan dengan metode Hot -Fit di rumah sakit. Metode penelitian yang

digunakan adalah penelitian analit ik observasional. Subjek dalam penelitian ini adalah petugas pendaftaran

pasien rawat jalan dan kepala reka m medis. Variabel bebas adalah kualitas sistem, kualitas layanan, manusia

dan organisasi. Va riabel terikat adalah manfaat. Uji statis tik menggunakan uji regresi lin ier. Hasil koefisien beta

KS -> M memiliki nila i sebesar 0,516, hasil koefisien beta KS -> O memiliki nilai sebesar 0,533, hasil koefisien

beta KL -> M memiliki nilai sebesar 0,548, hasil koefisien beta KL -> O memiliki nila i sebesar 0,495, hasil

koefisien beta M -> NB memiliki n ila i sebesar -4,034, hasil koefisien beta O -> NB me miliki nilai sebesar

4,375. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh terhadap manusia,

kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh terhadap organisasi, manusia tidak berpengaruh terhadap

manfaat, namun organisasi berpengaruh terhadap manfaat. Sedangkan benefit/ manfaat penggunaan SIMRS pada

bagian pendaftaran adalah menurunkan tingkat kesalahan.

Kata kunci: Evaluasi., HOT-FIT., SIMRS

Download Full PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X